Uncategorized

Gejala dan Cara Menanggulangi Penyakit Paru Obstruktif Kronis

A. Pendahuluan

Penyakit paru obstruktif kronis atau yang biasa disingkat ( PPOK ) ini meruapakan salah satu penyakit yang paling banyak yang menyebabkan penderitanya meninggal dunia. PPOK adalah penyakit yang terjadi karena adanya penurunan fungsi paru yang kronis ditandai dengan gejala sesak nafas yang terus menerus dan umumnya penyakit ini muncul pada usia 50 tahun ke atas. Menurut dokter spesialis paru yaitu Budhi Antariksa PPOK adalah penyakit umum yang dapat dicegah dan diobati. Ditandai dengan gejala sesak nafas yang persisten karena keterbatasan aliran udara dan berhubungan dengan zat-zat oksidatif.

B. Pembahasan

Setiap individu pasti akan mengalami penurunan fungsi paru seiring dengan bertambahnya usia, namun ada juga beberapa faktor yang menjadi penyebab terjangkit penyakit ini yaitu a) Genetik Menurut hasil penelitian membuktikan bahwa ada sejumlah gen yang dapat mempercepat PPOK ini. b) Merokok Merokok itu adalah penyebab utama dari penyakit ini. Merokok dapat menurunkan fungsi paru secara signifikan dan menurut dokter Budhi merokok bisa menurunkan fungsi paru tiga kali lebih cepat daripada orang yang tidak mmerokok. Dan sudah banyak penelitian juga tentang rokok ini dan hasilnya sangat jelas bahwa rokok itu berbahaya bagi tubuh manusia khususnya paru. c) Polusi udara Polusi udara juga dapat menjadi penyebab terjangkit penyakit ini, karena kita tau di kota kota besar udaranya sangat amat buruk karena banyaknya polusi dan bisa menjadi alasan banyaknya pasien PPOK berada di kota-kota besar.

C. Gejala PPOK

Gejala dari penyakit ini yang sangat mudah kita deteksi sejak dini supaya kitab isa lebih waspada terhadap penyakit ini yaitu :

a) Batuk yang terus menerus

b) Nah ini adalah gejala yang paling sering ditemui pada pasien PPOK karena ini adalah gejala paling umum yang dialami. c) Sesak nafas d) Ini juga merupakan gejalal yang juga umum dan harus diwaspadai dan gejala sesak nafas ini muncul secara tiba-tiba Ketika kita melakukan sebuah aktivitas dan karena ini aktivitas kita menjadi terganggu e) Produksi dahak f) Gejala selamjutnya adalah batuk disertai dengan produksi dahak berlebih itu bisa saja menjadi tanda awal gejala dari PPOK

D. Pengobatan

PPOK ini tidak bisa disembuhkan secara total karena kondisi paru tidak bisa dikembalikan ke paru normal dan juga diiringi dengan bertambahnya usia yang bisa memperparah kondisi paru itu sendiri. Namun, gejala dan progrestivitas dari PPOK ini dapat dihambat dengan beberapa cara pengobatan. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan spirometri, radiologi, laboratorium darah, analisis gas darah, dan mikrobiologi sputum untuk menentukan pengobatan yang tepat sehingga proses pengobatan bisa cepat dan efektif.

E. Pencegahan

Kita tahu bahwa PPOK ini tidak dapat disembuhkan tapia da beberapa cara untuk mencegah kita dari terjangkit PPOK ini yaitu dengan :

1. Tidak merokok atau berhenti merokok Berhenti merokok secara efektif dapat mempertahankan fungsi paru. 2. Menghindari paparan polusi udara Hindari paparan polusi udara karena dapat menurunkan fungsi paru. 3. Berolahraga Lakukan olahraga rutin yang melatih otot pernapasan. Olahraga dapat menjaga dan meningkatkan fungsi paru. 4. Konsumsi makanan mengandung antioksidan Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan untuk mencegah perkembangan oksidatif atau kerusakan sel pada paru.

F. Kesimpulan

Jadi kita tau bahwa PPOK ini merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan tidak dapat disembuhkan. Oleh karena itu, kita harus mengurangi resiko terkena penyakit ini dengan cara menjauhi segala kemungkinan dan resiko kita terkena PPOK salah satunya adalah dengan tidak merokok dan dari pembahasan ini kita tahu gejala dari PPOK jika kita sudah merasakan seperti gejala yang sudah dijelaskan diatas harus segera dibawa ke dokter untuk bisa diperiksa dan mendeteksi sejak dini dan mungkin bisa mencegahnya. Nah selain itu kitab isa mencegahnya dengan tidak merokok, menghindari polusi udara, berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan

G. Referensi

Aulia. 2016. Kenali Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)http://p2ptm.kemkes.go.id/artikel-sehat/kenali-penyakit-paru-obstruktif-kronik-ppok dilihat 27 Mei 2022 Dokter, Alo. 2020. Ketahui Penyebab PPOK dan Langkah Pencegahannya. https://www.alodokter.com/ketahui-penyebab-ppok-dan-langkah-pencegahannya dilihat 27 Mei 2022 Indonesia, CNN Tim. 2020. Mengenal PPOK: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201118175840-255-571508/mengenal-ppok-gejala-penyebab-pengobatan-dan-pencegahan dilihat 27 Mei 202

IMFI atau bisa di sebut dengan Ikatan Mahasiwa Fisioterapi Indonesia adalah sebuah Perkumpulan Mahasiswa Program Studi Fisioterapi di Indonesia. IMFI mengcangkup beberapa daerah yang ada di Indonesia salah satunya IMFI Wilayah II yang berada pada wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *